Tips Memilih Jurusan di SNMPTN 2013

Share Button

Tips ini diperuntukkan bagi kamu yang ingin memasuki PTN melalui Jalur SNMPTN (tanpa tes). Walaupun saya juga tahun ini mengikuti SNMPTN, namun setelah membaca tips dan pengalaman dari berbagai sumber, terutama blog. Maka saya berinisiatif untuk membuat tips memilih jurusan di SNMPTN ini.

xxl59VpHXe

Bingung memilih jurusan

  • Nilai kamu bagus? Jangan overconfident dulu!

Banyak pengalaman bahwa tidak semua siswa yang mempunyai nilai yang bagus  (Rata-rata >9.0) itu pasti diterima di PTN pilihannya. Kita juga harus melihat lawan kita, dan membandingkannya dengan sekolah kita. Contoh, Si A mempunyai nilai rata-rata 9.1, dan akreditasi sekolahnya B, serta tidak memiliki alumni di PTN yg dituju. Sedangkan si B mempunyai nilai rata-rata 9.0, akreditasi sekolahnya A, dan banyak alumni sekolahnya yang berkuliah di PTN yang dituju.

Mana yang akan dipilih?

Kemungkinan besar adalah si B. Walaupun secara nilai dia kalah dari A, namun ada faktor-faktor lain yang membuat si B lebih unggul, yaitu status akreditasi sekolah dan alumni.

Fakta menunjukkan bahwa kebanyakan siswa yang memiliki nilai bagus, pasti memilih PTN dan jurusan yang tingkat persaingannya tinggi dan sesuai dengan minatnya. Namun harus disadari juga faktor-faktor di atas. Bahwa di atas langit masih ada langit.

Oleh karena itu, perhatikan matang-matang bagaimana persaingan masuk di sebuah jurusan. Salah satu caranya adalah melihat Daya Tampung dan Jumlah Peminat dari sebuah jurusan.  Data-data ini biasanya akan ditampilkan di laman website SNMPTN atau di website masing-masing PTN. Atau kamu bisa melihat Passing Grade jurusan yang kamu pilih, untuk info seputar passing grade silahkan klik disini.

Setelah melihat data-data yang ada, pastikan pilihan jurusan dan PTN mu!. Jika kamu merasa jurusan di sebuah PTN itu terlalu banyak peminatnya, namun kamu hanya mempunyai faktor nilai saja, tanpa faktor yang dimiliki si B di atas, tidak apa-apa memilih asalkan kamu sudah siap dengan hasil yang akan kamu terima. Namun, jika kamu tetap keukeuh dan passion kamu memang dengan bidang tersebut (semisal: kedokteran), dan kamu hanya mempunyai faktor nilai saja, tanpa faktor yang dimiliki si B di atas, carilah PTN dengan jurusan yang sama namun tingkat persaingan yang lebih rendah.

  • Nilai kamu biasa saja? Siapkan strategi!

Mungkin saya masuk ke golongan ini :p. Masuk ke golongan ini memang membuat galau. Dan masuk ke golongan ini memang perlu butuh strategi. Namun beda cerita nya, jika kamu berasal dari SMA yang terkenal sering meraih medali olimpiade atau kamu memiliki medali OSN. Hal ini bisa menjadi nilai plus walaupun kamu mempunyai nilai yang biasa saja.

Bagaimana dengan yang tidak mempunyai medali/sertifikat atau nilai plus lainnya?

Tenang saja, kamu masih bisa berkompetensi untuk memperebutkan bangku di PTN. Namun, seperti yang dibilang di atas. Kamu butuh lebih banyak strategi lagi.

Semisal kamu ingin memilih jurusan Akuntansi. Pasti di awal benak kamu terpikir, UI! Ya UI!. Namun, kamu juga harus sadar akan nilai kamu (ini termasuk strategi loh!), jika kamu mempunyai nilai yang biasa saja namun nekat memilih jurusan di PTN yang tingkat persaingannya tinggi, maka sama saja kamu bunuh diri!

Namun, jika passion kamu tetap di Akuntansi, maka kamu bisa memilih jurusan di PTN yang tingkat persaingannya lebih rendah. Ingat! Kuliah di mana saja asal keluar nya nanti kamu menjadi orang yang sukses!

Banyak kejadian loh, siswa yang memiliki nilai biasa saja malah diterima di SNMPTN, dan banyak anak yang memiliki nilai wah malah gagal di SNMPTN. Faktornya adalah STRATEGI dan GENGSI!

  • Nilai kamu rendah? Jangan putus asa dulu!

Memiliki nilai yang rendah memang serba galau dan khawatir. Namun, janganlah terlalu dipikirkan ya sehingga mengganggu kehidupan kamu. Menurut saya, golongan ini masih memiliki kesempatan juga untuk duduk di bangku PTN dengan lebih banyak strategi dan terutama DOA!. Karena SNMPTN itu bak hadiah yang tidak dapat diprediksi. Jadi, kamu yang muslim mintalah kepada Allah untuk dimudahkan jalan kamu menuju PTN yang diinginkan.

Dan selain itu, untuk berjaga-jaga jika kamu gagal dalam SNMPTN. Maka, kamu sebaiknya memiliki PTS cadangan, seperti di PTS-PTS yang berkualitas.  Agar nantinya kamu tidak menganggur dan tetap bisa kuliah di jurusan yang kamu inginkan. Dan tolong! Jangan pernah memaksakan masuk PTN dengan memilih jurusan yang kamu tidak minati, hanya gara-gara jurusan tersebut minim peminat sehingga tingkat persaingannya rendah. Ya mungkin kamu bisa kuliah di PTN tersebut, namun hari-hari kamu akan diselimuti kemalasan dan tidak bersemangat, karena mata kuliah yang tidak sesuai passion.

  • Bagaimana penempatan pemilihnya?

Pilihan jurusan dan PTN mempengaruhi kamu di terima di jurusan tersebut atau tidak.  Contoh: A memiliki nilai 8,9 dari sekolah yang berakreditasi A. Menempatkan Ilmu Komputer UI di Prioritas PTN Kesatu. Dan B memiliki nilai yang sama dengan A dan dari sekolah yang berakreditasi A juga. Namun, B menempatkan  Ilmu Komputer UI di Prioritas PTN Kedua.

Mana yang akan dipilih?

Panitia SNMPTN seringkali menemukan kejadian di atas. Salah satu tolak ukur yang bisa dijadikan patokan adalah penempatan pilihan PTN dan prodi yang dipilih. Jelas lah, si A lebih diprioritaskan masuk ketimbang si B. Karena penempatan PTN dan jurusan (baik pilihan I dan II) di SNMPTN itu sangat berpengaruh. Jadi, kamu harus menempatkan pilihan sesuai dengan minat kamu yang sesungguhnya. Toh nantinya jika kamu tidak diterima di pilihan I, maka data kamu pun akan di proses di pilihan II selama kuotanya masih tersedia.

  • Harus Terpisah Mengalah!

Sebelum nilai kita bersaing dengan nilai seluruh siswa seluruh Indonesia. Maka nilai kita akan diadu dulu antar siswa di sekolah kita. Nah disinilah letak berbahayanya. Jika teman kamu memiliki pilihan jurusan dan PTN yang sama denganmu, dan nilai dia lebih tinggi dari kamu. Maka nilai mana yang akan dilirik oleh panitia SNMPTN? Pastilah nilai temanmu yang lebih tinggi.

Bagaimana untuk menghindari hal ini?

Tanyakan ke BK atau teman kamu langsung, ada tidak yang pilihan PTN dan jurusannya sama dengan kamu. Jika ada, dan nilai kamu lebih rendah dari temanmu itu. Maka lebih baik kamu yang mengalah, jadilah ksatria yang mengakui kekalahan. Daripada harus bunuh diri dengan tetap memilih jurusan tersebut. Masih banyak pilihan PTN lain yang dapat kamu jadikan pilihan.

 

Demikian sedikit tips dan strategi memilih jurusan di SNMPTN 2013. Semoga saya, dan kalian semua yang tahun ini mengikuti SNMPTN dapat lulus di jurusan dan PTN yang diinginkan. Amiin. Mohon maaf jika dalam posting ini ada kalimat dan kata-kata yang salah. Terima Kasih.

Jika kamu masih bingung, kamu bisa membaca artikel ini: 10 Jurusan Dengan Prospek Kerja Yang Bagus

Search Results:

  • strategi memilih jurusan snmptn undangan 2013
  • cara memilih jurusan snmptn undangan
  • strategi snmptn 2013
  • pengalaman snmptn undangan
  • pengalaman snmptn
  • tips memilih jurusan snmptn
  • tips memilih jurusan snmptn 2013
  • tips memilih jurusan snmptn undangan
  • cara memilih jurusan snmptn
  • jurusan di UI

Comment using...

Loading Disqus Comments ...

35 komentar dalam posting “Tips Memilih Jurusan di SNMPTN 2013

    • Tahun ini siswa pindahan boleh ikut SNMPTN dan di PDSS nya kan dicantumin juga KKM nya, udah dapet password buat PDSS nya?

  1. Makasih infonya Ulil :)
    hm mau nanya, kalau akumulasi nilai (rata-rata) dari semester ke semester ada yang mengalami penurunan… Misalnya semester 3 naik, 4 turun, lalu 5 naik. gimana tuh pengaruhnya??? (many thanks)

          • Untuk tahun ini apakah IPB sama seperti tahun lalu atau tidak. Tahun ini kan kuota SNMPTN 50%, jadi yang dikhawatirkan, IPB tahun ini benar2 tidak menggubris siswa yg menempatkan IPB di pilihan kedua. Kalau kamu yakin masuk UPI sih ya tidak masalah. Pastikan itu pilihan dari hati sendiri, bukan dari orangtua, teman, dll.

  2. iyasih..pernah denger tentang isu itu, temen sya yg kemaren ikut snmptn undangan menempatkan univ itu di pil ke 2 tapi temennya menempatkan univ itu di pil 1, yg diterima di univ itu temennya yg nempatin pil 1., oh iya denger dari temen yg skrg di IPB kuota thn 2013 jadi 70%.
    In shaa Allaah pilihan sendiri :)

  3. Saya anak IPA dan nilai per semester selalu ada peningkatan dan masuk 10 besar. Bagaimana kalo saya menempatkan pilihan 1 : Psikologi (UGM) dan pilihan 2 : Tek. Industri (UGM)? kira2 peluang ketrima bgmn ya? Strateginya mgkn?

  4. Ka’ mau nanya, diskolaq ad tmen yg mau ngambil pil yg sma ky q, tp dia dari ank akselarasi dan aku dr reguler, rata”q lbh rendah dr dia (q 86,dia 87) tp kkm q 75,dan dia 80,
    kira” yg lbh berpeluang dtrma tetap tmenq kah? Trims

  5. web nya lucu. tulisannya bagus dan ada gayanya sendiri. tapi jangan terlalu banyak asik di dunia maya ato ngabisin waktu terlalu banyak untuk ini. nanti kalo banyak hal penting di dunia nyata kelewat gmn? Hobby emang kebutuhan rohani, tapi jangan sampai ganggu kesetimbangan hidupmu.
    btw infonya lucu-lucu dan bermanfaat. terimakasih.

  6. salam kenal kak saya andhik, anak sma kelas 12, kalau saya mempunyai prestasi peraih medali perunggu osn dibidang matematika, tapi saya mau kkuliah di kedokteran kira-kira pengaruh gak ya kak sertifikat osn saya? sebab matematika kalau ke kedokteran kayaknya kok nyimpang jalur gitu, tapi saya suka matematika walaupun ingi ke kedikteran.. mohon jawabannya kak maaf banyak tanya.

  7. kak, mau tanya kak penting bgt nih dr kemaren galau bgt. Aku alhamdulillah selalu peringkat 1 terus mau milih UGM dgn jurusan farmasi dan gizi, UI dgn jurusan farmasi dan kesmasy. Pendapatnya kak mohon. Galau bgt,blh gak si UI di taro di pil.2? Sdngkn aku pgn nya UGM.alumni di UGM ada si,tp gak ada di jurusan yg aku pengen. Mhn bantu ya kak.

    • Siapa yang ngelarang UI ditaro di pil ke-2. Kalau niat mu memang bulat ke UGM, kenapa ga milih UGM aja?? :) Daripada dapet UI tapi ga sreg nantinya.

  8. Kak, mau tanya. Misalkan akreditasi sekolah saya B. Nilai rapot saya juga selalu meningkat. Dan saya minat ke jurusan arsitektur ITB. Dan ada alumni di univ tsb. Tapi, jurusan arsitektur ITB kan akreditasinya A. Apa itu berpengaruh buat peluang saya keterima disana? Mohon jawabannya. :’(

    • SNMPTN Undangan bukan sekedar akreditasi sekolah dan nilai yang selalu meningkat saja. Tetap berdoa, karena masih ada faktor-faktor lain, terutama Faktor X!

  9. Assalamualaikum wr.wb
    Kak mau tanya, aku ada temen yang sama jurusan IPA dan memilih fakultas ilmu komunikasi, nilaih kami hampir sama, sekolah terakredetasi A mau ikut jalur PTN tapi kalo misalnya diimbangin dengan sertifikat yg cukup banyak mungkin kah kami masuk dalam 1 Universitas? Makash

    • Walaikumussalam Wr.Wb
      Untuk masalah satu sekolah ada yg lolos SNMPTN lebih dari 2 siswa di jurusan yg sama itu mungkin. Tahun 2013 di SMA saya ada 2 orang yg lolos FTTM ITB dan 3/4 orang yang lolos FH Undip, FKM Undip melalui jalur SNMPTN.

  10. kak,gimana kalo sertifikat kegiatan organisasi,sertifikat jabatan organisasi,atau sertifikatolimpiade tp cuma lolos peserta kabupaten?

  11. assalamu’alaikum kak,aku kiky. kak aku minat di jurusan gizi dan kesmas ui, menurut kk peluang lebih banyak untuk snmptn antara kedua jurusan itu yang mana? lagipula ada tmn aku yang mau masuk kedua jurusan tsb.dan nilai mereka lebih tinggi

    • Walaikumsalam Wr Wb. Menurutku kedua jurusan itu sangat tinggi peminatnya, coba kalau passion kamu di gizi/kesmas, pilih aja PTN lain yg ada kedua jurusan tsb. Krn yg terpenting adalah passion bukan almamaternya.

  12. Salam kk, saya dri Medan
    Kak , sy mw masuk Teknik Geologi undip ,
    kalau ada nilai tetap(konstan) bagaimana kak?
    Dengar dengar nilai semester 345 harus meningkat ya? Biar mampu nerima undangan
    Mohon penjelasannya, trims

  13. Kak, aku rencana mau masuk UPI jurusan PGSD nilai rata2ku 86, sekolahku akreditasinya B dan gk ada alumni sekolahku yg masuk situ ._. kira2 peluang aku masuk UPI ada gak ya? tolong kasih sarannya ya kak :)

    • Nilai 86 udah termasuk tinggi menurut saya, dicoba saja asalkan pilihan keduanya itu passing gradenya lbh rendah dari pilihan pertama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading Facebook Comments ...